Pengalaman Interview Trainee di Deloitte Indonesia


Hai guys, udah lama banget ya blog ini usang. Hari ini gua hadir lagi dengan satu cerita yang ditunggu tunggu banget nih kayaknya sama temen seperjuangan gua. Ahhahha intro bentar ya readers.
Jadi hari ini itu gua ada interview di salah satu kantor akuntan publik Big Four yaitu Deloitte. Gua interview untuk posisi magang risk advisory. Dan temen-temen gua kaya penasaran gitu karena siapapun lo kalo lu anak akuntansi, lu pasti tau ini perusahaan apa, dan lu pasti punya mimpi buat jadi bagian dari mereka. Perusahaan ini juga jadi salah satu yang jadi rebutan buat jadi tempat magang para mahasiswa. Termaksud gua  Ahahahhaahha.
Awal cerita gua itu ngelamar magang gitu di Deloitte via website. Ada tiga posisi yang gua lamar nih, Risk Advisory - Intern, Tax-Intern, dan Audit-Intern. Nah, dua minggu kemudian gua ditelfon sama si HRD kalo gua lolos berkas di HRD, maksudnya gua loloslah di seleksi HRD ini. Dan sial pertama gua itu gua lolosnya yang posisi Risk Advisory. Ya Allah ngaudit SOP nih kayaknya, rasa MOAL ulang dah *yangtautauaja*pikir gua waktu itu. 
Pas telfon dia cuma mastiin sih kalo untuk magang ini gua cuma bisa ambil info dari web mereka perihal bahan laporan magangnya, sisanya gua gak boleh ambil data dari kantor. Karena emang gua juga dilaporan magang itu lebih pada hasil observasi gua di lokasi kerja jadi gua fine fine ajalah pas dia bilang kaya gitu. Dan sebelum tutup telfon dia bilang "nanti saya kabarin lagi ya mba kalo usernya oke".
Sampe telfon pertama berakhir, gua udah psimislah. Yakali gitu gua lolos. Udahlah gak mungkin gua pikir. Tiba-tiba selang tiga atau empat hari, ada telfon dari Deloitte lagi gak keangkat sama gua. Penasaran dong gua. Dan pas gua telfon balik kaya nyambung ke perekam suara gitu. Terus si mbaknya juga gak telfon telfon lagi. Ini pelajaran ya buat kalian yang lagi proses ngelamar kerja. PEGANG ITU HAPE!!! GEDEIN NADA DERINGNYA!!!  Gua udah kesel banget sama diri sendiri waktu itu, eh gak lama ada email masuk!!!! Dan ternyata gua LOLOS lageeeew ahahahaha. Guapun masuk tahap interview user. Wagelah sih. Bisa sampe tahap interview aja gua udah merasa qualified wkwkwke
Ini adalah pengalaman pertama gua interview beneran guys!!! Gua emang udah kerja dimana mana tapi sebelum sebelumnya gua itu direkomendasikan orang, jadi gua beneran belom pernah cari kerja sendiri, baru kali ini. Dan ini juga kali pertama gua interview. Ya Allah pertama kali langsung sama perusahaan segede itu!!! Stress gak sih.
Gua carilah itu segala tatacara interview. Pertanyaan pertanyaan yang sering keluarlah,tata sikapnya lah. Sampe gua juga cari "pengalaman interview magang di Deloitte" dan gak ada dong!!! Ada sih tapi untuk Deloitte UK, USA, ya pokoknya di luaran sanalah. Banyaknya sih keluar pengalaman interview buat Aso bukan buat magang (trainee). Kalo di baca baca dari yang pengalaman interview untuk Aso sih susah gitu, pake bahasa Inggris lah, terus banyak ditanya teknikal lah. Pertanyaan teknikal itu maksudnya pertanyaan tentang pengetahuan kita di bidang yang dilamar. Makin stress gua kalo terus baca gituan. Karena gua ngerasa gua gak tau apa apa coy soal risk advisory ini. Kalo diliat liat sih kaya masalah internal audit. Cuma lebih pada mitigasi resiko untuk  pengembangan bisnis.
Gua mantep banget dah latihannya. Segala pertanyaan yang katanya sering keluar di interview gua apalin. Dan gua siapin jawaban bahasa inggris. Bahkan self  introduction gua ada sehalaman hvs pake bahasa Inggris ekwkwkkw. Gua apalin jawaban dari pertanyaan; kenapa pilih Deloitte, kelemahan dan kelebihan gua, hambatan bekerja dalam tim dan penanggulangannya, audit itu apa, risk advisory itu apa, jenisnya apa aja, risk advisory di Deloitte itu kaya gimana, materi audit gua baca baca lagi. Pokoknya manteplah.
Dan jenjeng!!!! Tibalah saat hari itu tiba. Wkwkwkkw gua masuk dah tuh Plaza Indonesia . For the first time gua kesana coy. Bagus benerdah. Yah beda tipislah sama Bakrie Tower kampus ku tercinta. Gua tuker identitas, masuk lift menuju lantai 32. WTF itu se lift isinya orang Deloitte semuaaaaaaa. Gemeter gua coy. Dan karena gua datengnya kecepetan 30 menit, jadi gua disuruh tunggu di waiting room gitu. Disetelin vidio Deloitte Shine wkwkwkwk bagus bangetdah itu kantor. Sama kaya kantor lainnya yang pernah gua kunjungin di daerah sudirman-thamrin lah pokoknya.
Pukul 11.03 barulah gua dijemput HRD buat ketemu si user. Agak telat sih usernya. Kantornya hening banget. Mukanya serius serius banget. Satpam sama resepsionis nya aja gak ada senyum senyumnya pisan. Pas pukul 11.15 barulah ada dua orang masuk. Jadi gua ditaro di satu ruangan kecil yang cuma muat tiga orang. Pas dua orang itu masuk, gua ngerasa kaya pengen dicecer abisdah. Ekwkkw serem. Si ceweknya si ramah, tapi si cowok agak datar sih mukanya kayaknya jutek wkekek sedikit bicara juga orangnya.
Tibalah pada pertanyaan pertanyaan nih. Seriusan dari awal gua udah gimana gitu, mereka kaya baru liat CV gua. Dan kayaknya dia belom review gua sama sekali. Gua berfikir "kayaknya dia bakal nanya personality aja nih" . Soalnya kata orang-orang gitu. Ekekek apalagi gua liat dua orang ini kaya beneran belom liat data gua sama sekali, jadi gua pikir mungkin pertanyaan seputar application form atau seputar CV aja.
Awal awal sih emang dia tanya seputar CV. Biasalah orang kalo liat CV gua pasti PT TMMIN dulu yang jadi pusat perhatian wkwkwkwk. Ini selalu dan gak tau kenapa wkwkwk. Dan Alhamdulillah pake bahasa Indonesia jadi gua lancarlah ngeles ngeles. Dia cuma tanya dikit tentang pribadi gua "ke kampus naik apa?" "Kalo keluar kota siap gak? Karena bakal sering" "ceritain pengalaman jadi LO, HMA, yang kondisinya waktu kamu lagi dapet masalah diluar kendali kamu" wets gua gak siapin lagi jawaban begitu wkwkw gua cerita aja struggle struggle gua di posisi itu. Ya Allah pas ngomong struggle gua baru inget itu artinya perjuangan bukan tantangan. Efek grogi Wkwkwk abis itu dia langsung tanya tentang audit. Awal awal sih gua masih bisa jawab "kamu tau gak bakal di tempatin di posisi apa? " "Kamu tau gak risk advisory itu apa?" Terus dia jelasin dah tuh pekerjaan dia, dan timnya, sekaligus ngegambarin gua tuh ngapain nantinya. Tiba tiba dia kasih case dong. Suekkk
Case 1: kalo kamu harus make sure data client kita sama data customer nya kamu bakal ngapain? Gua jawab di pastiin datanya dulu kak, abis itu dilakukan pemeriksaan fisik. Ngapain aja pas pemeriksaan fisik? Apa yang kamu periksa? Di itung kak mobilnya jumlahnya sama gak, type sama jumlahnya sesuai gak. Sesuai itu apanya? kecocokan type mobilnya, nomor mesinnya, warnanya, jumlahnya, antara fisiknya sama catatanya client maupun customer. Terus kalo udah di cek kamu ngasih bukti apa ke klien? Gua gak tau coy demi. Dia kasih taukan tuh salah satunya adalah bukti foto. Terus dia tanya lagi Selain foto kamu kasih dokumentasi audit apa kira-kira? Mampusdah tuh. Gua benerandah gak tau dokumentasi audit. Gua asal banget jawab representatif letter dodol yak padahalkan ini hubungan client sama customer nya ahahah. Dan gua cuma tau satu dokumentasi audit itu working paper. Tapi gua gak tau apa working paper itu dipake audit internal juga atau enggak. Yaudah gua jawab aja pake working paper. Terus dia tanya lagi emang menurut kamu working paper itu dikasih ke klien? Egila gua kagak tau. Gua jawab aja "kagak". Eh tapi tadi gua bilang itu buat dokumentasi audit ke klien. Kenapa gua gak konsisten. Ahahahaha akhirnya dia kasih tau kan iya betul pake working paper nanti working paper nya di kasih ke klien. dan lain sebagainyalah gua lupa dia jelasin apa.

Case 2: Gimana cara buktiin ke klien kalo kamu udah dateng pemeriksaan fisik dan memastikan data sesuai? Mampusdah gua buntu banget itu. Soalnya katanya bukan cuma telfon atau email. Lah gua bingung yak. Gua jawab dengan segala akal sok tau gua "buat surat pernyataan kalo kita sudah berkunjung dan Melakukan pemeriksaan fisik" ahahahah akhirnya dia menjelaskan lah jawaban yang sebenernya wkwkwk gua lupa jawaban nya apa. Tapi ada hubungannya sama working paper nya itu.  Ini gua cerita yang gua inget aja yak teman-teman. Terus gua tuh jawaban nya bau-bau eksternal audit mulu. karena emang itu yang gua pelajarin selama ini. Akhirnya si user cewe tanya Kamu tau gak bedanya internal audit sama eksternal audit? gua jawablah tuh lancar kaya jalan tol , kan itu soal ujian kemaren. Belom kelar jawab mbanya tanya Perbedaan outputnya apa? Ya gua jawab aja opini sama laporan efektifitas kebijakan manajemen.  Terus dia jelasin lagi tentang pekerjaan dia. Jadi Risk Advisory itu bukan auditor aja, dia konsultan, dll lah pokoknya tentang operasional audit sih tapi katanya client dia saat ini gak mengarah ke situ, lebih pada pengendalian apalah gitu gua gak ngerti ya tuhan tolong.
Dengan segala kebodohan gua , user mulai curiga Saya gak dapet transkrip kamu, IPK kamu berapa? 3.74 kak, tapi itu baru sampai semester 5, karena semester 6 belum keluar hasil akhirnya. Kamu belum dapet kelas internal audit ya? Belum kak karena itu mata kuliah pilihan dan baru bisa diambil di semester 7. Kalo mata kuliah audit satu sama dua udah ya? Iya udah. Mukanya langsung pada berubah maklum pas gua bilang kalo gua belom dapet kelas internal audit. Dan dia berentilah tanya gua case case soal prosedurnya. Ahahahah mungkin mereka tau gua gak bakal ngarti juga karena belom belajar itu dikelas.

Case 3: Ini dateng dari si cowok. Pertama si cowok jelasin kalo kita fokus pada planning dan fieldwork tapi lebih banyak di planning. Dia tanya Menurut kamu planning sama field work susahaan mana? Ahahaha kelahlian logika gua muncul. Susahan planning kak , karena kalo planning nya salah berati hasil audit kita salah, jadi harus bisa menentukan planning yang tepat supaya hasil auditnya tidak salah. *kira-kira gitulah jawaban gua* Alhamdulah dia setuju jawaban gua, tapi dia tambahin lagi dengan kata kata yang gua gak nangkep sebenernya tapi gua pahamlah dikit-dikit. Apasih gak konsisten. Pokoknya gua ngertidah tapi dikit. Masuk di case 3 dia suruh gua roleplay. Karena katanya salah satu tugas gua itu telfon customer buat konfirmasi kecocokan data client kita sama data customer cliennya. Gua disuruh pura pura telfon dah tuh. Dan si cowok pura pura jadi customer clientnya. Haih gua gelagapan. Gua gak bisa spontan kan orangnya, apalagi gua belom paham banget gua itu mau apa. Ya gua tau tugas gua ngeyakinin customer kalo kita konsultan dan mau koreksi kecocokan data dia sama klien kita. Tapikan gak semudah itu lah meyakinkan orang lain. Si cowok pura pura jadi customer yang nyebelinlah pokoknya. Gak ampe lama roleplay, *awas kebaca foreplay wkwkwkw* dia kayaknya udah kecewa banget gitu wkwkek karena gua banyak salah. Dia kasih taulah tahapan-tahapan penyamapaiannya harusnya gimana. Lah gua mana tau yak ekekek.  Gua jujur kalo suruh spontan begitu nyerahdah. Apalagi kondisinya gua gak ngerti apa apa. Tatacaranya, aturan mainnya, dan lain sebagainya.
Dan dikalimat akhir mereka jelasin lagi tentang pekerjaan mereka. Menarik sih. Gua suka. Tapi kayaknya butuh banyak latihan. Karena berhubungan sama people yang bisa aja nganggep kita gak penting. Mereka bilang kalo mereka sama sekali gak ada sangkut pautnya sama keuangan. Karena mereka lebih pada operasional risk. Bahkan untuk klien yang mereka pegangpun gak ada sangkut paut sama SOPlah, SO,DO, demi gua gak tau mereka nyebutin apa, sampe sarbanaxolex halah gimana sih tulisannya. Mereka sebenernya butuh orang yang logikanya cukup baik, dan bagian tim mereka gak ada yang background nya Akuntansi. Karena pekerjaan mereka memang tidak berkaitan dengan akuntansi, kalaupun berkaitan hanya sedikit. Dan dari kalimat terakhir-terakhir itu gua udah kaya firasat bahwa gua unqualified gitu ekekek. Soalnya gua emang lebih lancar ketika ditanya soal dasar auditlah, dan apa apa tentang prosedur eksternal audit, kaya bertolak belakang gitu sama merekanya. Ahahahaha buat pengumumannya belom ada sih lulus atau enggak. Yang terbaik ajalah ya, karena kalo keterima gua bakal keluar kota terus berhari-hari. dan itu akan ganggu skripsi dan kuliah gua banget kayaknya. Sampe Januari pulak!!!
Jreng-jreng sampai situlah cerita gua. Kalimat percakapan yang ada gua tulis seinget gua dan sejujurnya lebih formal dari itu. wkwkkw apapun yang ada diatas hanya yang nyantol diingetan gua aja yak wkwkwkw. Ahahahaha semoga bermanfaat dan dapat dijadikan pelajaran. See you on the next update ya readers.

Komentar

  1. Halo kak, mau tanya dong, bedanya Trainee aja dan Trainee (Non-Program) itu apa ya?

    BalasHapus
  2. Casinos Near Foxwoods, Connecticut - JTGHub
    A 안양 출장안마 map showing casinos 충청남도 출장마사지 and other gaming facilities located near Foxwoods, Connecticut, in 세종특별자치 출장안마 Connecticut, United States. Find addresses, 보령 출장마사지 see photos and 강릉 출장샵 read real reviews.

    BalasHapus

Posting Komentar