Kultum Singkat Taun Baru Islam

created by: yuliawanti, matrut suwondo

 
Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Robbisya Lii Shadri Wayassir Lii Amri Wahlul Uqdatammin Lissanii Yafqahu Qauli
Ashadu Allah Ilahailalloh
Waashadu Anna Muhammadan ‘Abduhu
Warosuluh. Alhamdulillahi Robbil’Alamin
Wasshalatuasaamu’Ala Mursalin
Wa’ala Alihi Washohbihi Ajmain. Ammaba’du.

Ibu dewan juri serta panitia lomba yang saya hormati, serta temen teman sekalian yang saya  muliakan..

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji Syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita pada hari ini nikmat sehat sehingga kita dapat hadir disini di acara “Student Islamic Competision of Ten” dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1435 Hijriah.
Salawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SA. Nabi yang menjadi suritauladan bagi kita semua.


Dengan adanya taun baru islam ini marilah kita tingkatkan amal ibadah kita. Karena sama sama kita ketahui bahwasanya kita berusaha untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin, itulah orang yang beruntung.

Di dalam Surah Al-Fatir ayat 37 yang artinya “dan apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir, bagi mereka orang yang mau berfikir, dan apakah tidak ada orang yang datang kepada kamu pemberi peringatan” ayat diatas menjelaskan kepada kita sekalian karena sebenarnya bagi mereka yang diberi umur panjang hendaknya mau berfikir atas apa yang ia lakukan dimasa lallu. Kemudian dari pemikiran itu, orang akan bebenah diri. Dari yang buruk harus berubah agar menjadi lebih baik, jika kurang hendaknya ditambah supaya lebih sempurna.

Sebagaimana kita ketahui saat ini, dimana masyarakat islam lebih mengutamakan tahun baru Masehi dibanding tahun baru Hijriah yang jelas jelas secara nyata bahwa tauh baru Hijriah adalah perayaan bersejarah bagi umat islam. Apakah diantara hadirin sekalian ada yang berdiam dimasjid untuk melaksanakan salat atau zikir pergantian tahun kemarin?  Kenapa begitu?. Tidak sedikit umat muslim yang mengabaikan tahun baru Hijriah, bahkan tidak sedikit pula yang tidak mengetahui kapan tahun baru hijriah itu? Dan apa yang harus mereka lakukan dihari pergantian tahun itu?.

Berbeda dengan tahun baru Masehi. Ketika tahun baru Masehi masih berkisar satu bulan lagi, namun sudah banyak saya dengar para sahabat dan teman teman kita yang mulai sibuk merencanakan kepergian, dan juga pesta pesta kecil di tahun baru Masehi. Seperti yang kita sering lihat , begitu ramainya umat yang merayakan serta memeriahkan tahun baru Masehi, lampu dimana menyala mana, petasan berseru dimana mana, kabut asap arang berkebul dimana mana, dan orang oang berbondong bondong kesana kemari untuk ikut serta.
Subhanallah, luar biasa. Mahabesar allah atas rahmatnya.
Teman-teman sekalian masih berkenaan dengan tahun baru Hijriah, saya mengingatkan kepada hadirin semuanya agar kita membiasakan diri menggunakan tahun Hijriah bukan malah tahun lainnya seperti Masehi. kalau kita saja sudah mulai mengabaikan tahun baru Hijriah lalu bagaimana dengan adik-adik kita? anak cucu kita nanti?
Ahirnya marilah kita senantiasa berdoa agar kita digolongkan orang orang yang mendapatkan ridhonya, bukan jalan orang orang yang dilaknatnya.
Akhir kata saya ucapkan terimakasih,kesalahan itu datangnya dari saya saya mohon maaf, jika ada kata kata yang kurang berkenan saya mohon maaf, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasi. Wabillahi taufik walhidayyah, waridho walinnayya. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Komentar

Posting Komentar