maaf terucap untuk mama


Kunyanyikan semua lagu
 Untukmu Ibu 
sebagai wujud terimakasih
Ku kepadamu 
Tanpa lelah kau berjuang
Membesarkanku
Berikan yang terbaik untukku
 
Ijinkanlah tanganmu kucium
Dan ku bersujud dipangkuanmu 
Temukan kedamaian
Dihangat pelukmu
 
Didalam hati kuyakin 
Serta percaya ada kekuatan doa yang engkau titipkan
Lewat Tuhan membuat Semangat bila diri ini rapuh
Dan tiada berdaya
 
Ada surga di telapak kakimu
Betapa besar arti dirimu 
Buka pintu maafmu 
Saat kulukai hatimu
Ada surga di telapak kakimu
Lambangkan mulianya dirimu
Hanya lewat restumu 
Terbuka pintu ke surga
 
Kasih sayangmu begitu tulus 
Kau cahaya dihidupku
Tiada seorang pun yang dapat menggantimu



Gita gutawa - surga ditelapak kakimu

satu kalimat yang selalu saya ingat adalah "terkadang orang yang kita sayang adalah seseorang yang seharusnya kita abaikan, dan orang yang sering kita abaikan adalah seseorang yang seharusnya kita sayang". Ibu dialah orang yang selalu kita lupakan hanya karena kita tlah tergoda oleh kesenangan duniawi.

pernahkah kamu ingat? kapan terakhir kali kamu memeluk mama. Pernahkah kamu ingat? kapan terakhir kali kita ingetin mama makan. pernahkah kamu  ingat? kapan kamu menghapus air mata mama. pernahkah kamu ingat ? kapan terakhir kali kamu cium mama. dan pernahkah kamu ingat? kapan terkhir kali kamu membuat mama bangga.

berlama-lama disekolah demi menghabiskan waktumu bersama teman temanmu. tapi apakah kamu sadar bahwa tanpa kamu sadar mama kamu sedang mengkhawatirkanmu dirumah? mengingatkan si doi buat jangan lupa makan, jangan lupa sholat, jaga dirinya baik baik, tapi apakah kamu sadar jika sebenarnya dalam hati kecilnya mamamu cemburu. selalu sibuk dengan sosmed kamu, sibuk dengan geng main kamu, sibuk dengan hobbi kamu, apakah kamu sadar bahwa mama sangat membutuhkanmu.

nyesel adalah ketika saya pernah berusaha memberi yang terbaik untuk kado ulang tahun MANTAN  pacar saya tetapi padahal sebenarnya saya tidak pernah memberi kado ulang tahun special untuk mama. dan bahkan saya baru mengetahui tanggal ulang tahunnya ketika umur saya 12 tahun lalu. bagaimana bisa saya melakukan pengorbanan untuk orang yang jelas jelas sudah menyakiti saya tetapi tak pernah melakukan apapun untuk orang yang secara rill selalu mendoakan kebaikan untuk saya. tapi itulah dunia, segala yang salah adalah benar, segala yang benar adalah salah.

dia mengandung kita sembilan bulan, melahirkan kita bertaruh nyawa, menjaga kita setulus hati, tapi apakah kamu pernah berusaha membalasnya?berusaha untuk tidak menyakitinya? berusaha untuk berterimakasih padanya? atau hanya sekedar membuat senyum dibibirnya?. dia selalu memberikan kita yang terbaik, mendoakan segala kebahagiaan untuk kita? tapi apakah kamu pernah melihat segala ketulisannya? melihat segala kasih sayangnya?.

namun ketika seorang pria/wanita datang menemuimu, memberi perhatian lebih padamu. apa yang kamu lakukan? memujanya bukan? mengapa kamu tega menduakan kasih sayang ibu  dan bapakmu untuk orang yang baru saja kamu kenal? toh apakah dia mampu menghidupkanmu? apakah kebaikan yang ia berikan sudah mampu mengalahkan kasih sayang mamamu?

pembaca setia. marilah kita merenung, menyadari segala yang haq dan yang bathil,peluklah mamamu katakanlah bahwa kamu menyayaninya. mimta maaflah atas segala kesalahanmu. tidak dapat kita pungkiri jika mungkin saja ini adalah malam terakhir kita dapat melihatnya. sesungguhnya ajal adalah milik Allah. buatlah ia tersenyum, buatlah dia bangga, janganlah buat dia menyesal tlah melahirkanmu, nyawanya ia pertarungkan hanya demi hidup mu bertindaklah sedemikian ketahuilah teman, bahwa surga ada di telapak kaki ibumu.

mama..
maafkan aku selaku anakmu
yang setiap detiknya selalu membuat luka dihatimu
yang setiap menitnya selalu membuat kesal diwajahmu

maafkan aku mama
selama ini aku tak pernah melihat kearahmu
menilai buruk segala aturanmu
melupakanmu sepanjang waktu

maafkan aku mama..
jika selama ini aku hanya merepotkanmu
bersikap tak acuh padamu
dan tak pernah ada saat dukamu

maafkan aku mama
berjanjilah untuk tetap menyayangiku
kan ku ukir segalanya untukmu nanti
ku mohon mama
tetaplah doakanku yang terbaik
segala sesuatu terjadi karna restumu.


Komentar