kerajinan gips



A.  MENGENAL KERAJINAN GIPS

Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri atas jenis zat hidrat kalsium sulfat yang dapat terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. Prosesnya harus dicairkan dahulu jika ingin bentuk seperti yang di inginkan, harus dibuat cetakan. Jika akan  diproduksi dalam jumlah banyak, harus di buat model terlebih dahulu.

Secara umum, untuk semua prosuk gips diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat. Fungsi kerajinan dari gips biasanya dapat beupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

B.   Cara pembuatan kerajina gips

Bahan membuat gipsum : tepung  gips , air,  serat, resin, calcium, minyak goring, casting
Alat-alat membuat gipsum : wadah, pengaduk , timbangan, gelas ukur, cetakan,roveng
Cara membuat gipsum  :
1-      Untuk membuat souvenir aduk tepung gips dan air lalu masukkan dicetakan biarkan kering bisa dengan panas matahari atau dioven, untuk membuat gips ornament rumah agar hasil lebih kuat adonan bisa dicampur resin, semen putih, calcium bahan tersebut dicampur semua diaduk masukkan di cetakan.
2-      Cetakan Anda lumuri dengan minyak goreng, kenapa minyak goreng agar supaya hasilnya setelah dilepas dari cetakan bersih kalau pakai oil bekas hasilnya kurang bersih.
3-      Campur Casting dengan air, aduk sampai rata, perbandingan 1 ; 2.
4-      Setelah tercampur, tuang adonan casting dan air tersebut kedalam cetakan jangan semua, yang penting cukup merata.
5-      Sesudah cetakan terisi adonan, beri roveng secukupya jangan terlalu banyak,dan jangan ketinggalan roveng pada salah satu ujung di kasih tali rafia guna untuk meletakan hasil cetakan dengan cara mengantung akan lebih aman.
6-      Dan terakhir kasih adonan lagi pada cetakan tersebut, selesai, tinggal menunggu beberapa menit cetakan sudah dapat dilepas.
7-      Setelah semua kering baru di cat, sesuai dengan permintaan warna.
v  Untuk Membuat Kerajinan Gipsum dibutuhkan cetakan, untuk cetakan ada pelajaran yang bisa dipelajari khusus untuk membuat cetakan/moulding.
C. Peluang usaha kerajinan gips
Binsis gips saat ini mempunai peluang yang bagus seiring dengan meningkatnya perekonomian Indonesia. Pesatnya pembangunan rumah dan perkantoran baru merupakan peluang yang baik untuk bisnis gips ini. Usaha Gips tidak memerlukan modal yang besar, dengan sedikit modalpun Anda sudah bisa menjalankan usaha Gips. Modal yang tepenting adalah keuletan Anda dalam menjalankan, dan tidak ketinggalan bagai mana cara Anda menerapkan sistem pemasaran Usaha Gips itu saja sudah lebih dari cukup. Dengan begitu usaha Gips bisa untuk meningkatkan taraf hidup atau menjadi perkerjaan keseharian guna mendapatkan keuntungan. Bicara tentang keuntungan usaha gips memiliki peluang yang cukup bagus.
Kerajinan gips bisa juga menjadi alternative usaha untuk yang mencari peluang usaha. Dibanding dengan Keramik gips memiliki keunggulan karena tidak perlu proses pembakaran, dibanding dengan fiberglass bahan gips lebih murah. Sedangkan kerajinan berbahan dasar gips bahannya murah serta mudah didapat dan pembuatannya mudah.
Berbagai bentuk kresasi yang bisa dihasilkan dari gips sudah sering kita lihat dipasaran antara lain: celengan gips, boneka macam –macam bentuk, frame photo atau pigura foto dari gips souvenir kecil-kecil misal tempelan kulkas, tempat tusuk gigi, gantungan baju , dekorasi ornament gips untuk hiasan rumah, dsb. Tapi gips juga memiliki kelemahan yaitu mudah pecah/rusak/patah.




No
Nama Kerajinan
Bahan Dasar
Motif Hias
Teknik Pembuatan
Fungsi
Gambar/Foto/sketsa
Ragam Hias
Nilai Estetika
Nilai Ergonomis
1.
Ornament rumah
gips
Motif geometris
Membentuk dengan teknik cetak
Ornament atau hiasan pada dinding rumah





Ragam hias motif geometris
Nilai keindahan dengan keharmonisan
Nilai keamanan
2.
Patung angry bird
gips
Motif dekoratif
Membentuk dengan teknik cetak
Hiasan meja
Ragam hias motif dekoratif
Nilai keindahan dengan keselarasan
Nilai keamanan  dan keluwesan
3.
Fram foto
Serbuk Gips
Motif  dekoratif
Di cetak
Tempat foto
Ragam hias motif dekoratif
Nilai keindahan dengan nilai keharmonisan dan kontras
Nilai keluwesan
4.
Celengan burung
Serbuk gips dan tanah liat

Motif dekoratif
Di cetak
Tempat nabung tradisional
Ragam hias motif dekoratif
Nilai keindahan dan kesatuan
Nilai keamanan dan kenyamanan
5.
Gantungan kunci
gips
Motif dekoratif
Membentuk dengan mencetak
Gantungan kunci
Ragam hias motif dekoratif
Nilai keindahan dan keseimbangan serta keselarasan
Nilai keluwesan dan keseimbangan

 

Komentar