PPKN



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
“WAWANCARA KETUA RT”
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  


















NAMA : YULIAWANTI GINARIS
KELAS : XI AKUNTANSI 1

SMK NEGERI 10 JAKARTA TIMUR
TAHUN AJARAN 2014/2015


Saya : “assalamu’alaikum pak, maaf mengganggu waktunya sebentar”
RT      :”oh ndak masalah. Kebetulan saya juga sedang tidak subuk, ada apa ya?”
Saya   :”begini pak, saya ada tugas dari sekolah untuk mewawancari ketua RT dalam hal kependudukan di RT 012/04 ini, apakah bapak bersedia?”
RT      :”oh ya silahkan, dengan senang hati saya bersedia. “
Saya   :”terimakasih pak atas kesediaannya. Sebelumnya apakah saya boleh tahu nama bapak siapa?”
RT      :”nama saya Suwardi”
Saya   :”sudah berapa lama bapak menjabat sebagai ketua RT 012/04 ini?”
RT      :”saya sudah menjabat selama kurang lebih dua setengah  periode, karena waktu itu saya sempat mengundurkan diri namun akhirnya ditunjuk kembali.”
Saya   :”apa saja keluh kesah bapak selama menjabat sebagai ketua RT disini?”
RT      :”banyak sekali, terutama ketika adanya giliran ronda, banyak sekali warga yang tidak turut serta dengan berbaga macam alasan. “
Saya   :”mungkin karena kesibukan masing-masing ya pak. Kalau boleh saya tau berapakah jumlah penduduk di RT sini pak?”
RT      :”waduh kalau itu saya tidak dapat menjawabnya dengan tepat, karena kebetulan saya belum menghitung kembali jumlah data yang baru. Tapi jika di kira kira seluruhnya kurang lebih ada 488 jiwa.”
Saya   :”apakah seluruhnya adalah warga asli sini pak?”
RT      :”tidak. Walaupun memang lebih banyak warga asli tapi ada juga beberapa adalah tamu atau pendatang. Saya dulu juga pendatang.”
Saya   :”lalu berapakah jumlah perbandingan antara penduduk pendatang dan penduduk asli pak?”
RT      :”menurut perhitungan yang sebelumnya ada 374:114”
Saya   :”paling banyak para warga pendatang tersebut berasal dari mana pak?”
RT      :”banyak sekali, terutama dari pulau jawa. Wonogiri,Solo,Jogja,Cirebon. Untuk skala terbanyak berasal dari Jawa Tengah seperti Kebumen, Semarang.”
Saya   :”alasan apakah yang membuat mereka merantau ke Jakarta dan memilih bertempat tinggal di sini pak?”
RT      :”pada umumnya mereka datang karena jarak kantor yang mungkin lebih dekat jika di tempuh dari sini,dan  kebetulan daerah sini banyak kontrakannya, sehingga menyebabkan banyak orang baru yang belum memiliki tempat tinggal tetap memilih untuk tinggal disini.”
Saya   :”apakah hak dan kewajiban penduduk dalam suatu lingkup masyarakat pak?”
RT      :”haknya itu diantaranya ada hak untuk mendapat pelayanan, seperti pengurusan surat pengantar, surat kematian/duka cita, hak untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman di lingkungannya. Kalau kewajibannya yang paling penting adalah kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, kewajiban membayar iuran yang telah ditetapkan, seperti iuran keamanan, iuran sampah dan lain lain.
Saya   :”lalu apakah hak dan kewajiban penduduk pendatang?”
RT      :”untuk hak dan kewajiban penduduk pendatang dan penduduk asli itu sama saja. Hanya saja mungkin kalau penduduk pendatang memiliki hak untuk diterima di lingkungan barunya, dan berkewajiban melapor pada RT atas kepindahannya, serta berkewajiban untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.”
Saya   :”bagaimana hubungan antara penduduk asli dan penduduk pendatang di RT 012/04 ini pak?”
RT      :”hubungan antara warga tetap dan warga pendatang sangat harmonis, saling menghargai, saling menghormati, sama sama mendapat dan melaksanakan hak dan kewajibannya, serta sama sama saling tolong menolong.”
Saya   :”apa pesan bapak terhadap penduduk yang tidak melaksanakan kewajibannya?”
RT      :”pesan saya adalah supaya mereka lebih menyadari akan apa yang harus mereka lakukan setelah mendapatkan apa yang menjadi hak mereka. Contohnya mereka harus membayar iuran keamanan karena mereka sudah mendapatkan rasa aman, membayar uang sampah karena jasa pengangkut sampah sudah membersihkan lingkungan mereka. Tidak akan tercipta hak apabila kewajiban dilaksanakan. Lingkungan yang baik terdiri dari masyarakat yang patuh pada aturan aturan yang telah ditetapkan”
Saya   :”kalau begitu terimakasih atas waktunya pak, saya rasa data yang saya peroleh sudah cukup untuk menunjang tugas yang diberikan.”
RT      :”sama-sama, rajin rajinlah bertanya sebelum sesat dijalan.”
Saya   :”baik pak.kalau begitu saya pamit, assalamu’alaikum”
RT      :”wa’alaium salam”

Komentar