Pengolahan Bahan Nabati Untuk Kosmetik



BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Tampil cantik dan tampan merupakan sebuah predikat yang sangat didambakan setiap orang. Banyak upaya yang dilakukan yang berhubungan dengan menjaga penampilan, baik itu perempuan ataupun pria. Hal ini berkaitan dengan penigkatan rasa percaya diri seseorang sehingga upaya perawatan tubuh, diet, hingga melakukan orepasi kecantikanpun dilakukan demi mendapatkan penampilan yang sesuai dengan yang dikehendaki. Akan tetapi, jika upaya yang dilakukan terbilang berlebihan maka hasil yang didapatkan tidak selalu sebanding dengan yang diharapkan pada mulanya.

Indonesia ternyata kaya sumber daya alam nabati. Tidak hanya sumber pangan dan obat-obatan yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk kemakmuran bangsa, namun juga terdapat beragam jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai sumber bahan kosmetik alami atau sebagai antiaging,penghilang bau badan, mengatasi flek hitam, mengobati jerawat, masker untuk wajah, mencegah kanker kulit, melembutkan, dan memutihkan kulit, sebagai pewarna alami , penyubut dan penghitam rambut, maupun sebagai antioksidan alami. Dibandingkan dengan kosmetik berbahan kimia, kosmetik nabati memiliki beberapa keunggulan. Selain lebih aman dan mudah diserap tubuh karena sifat bahan-bahannya, juga dapat mengurangi paparan bahan kimia pada kulit. Bahkan kita dapat membuat sendiri dari buah-buahan dan sayuran yang ada disekitar kita. Di tengah maraknya peredaran kosmetik palsu yang terbuat dari bahan kimia berbahaya, pemanfaatan kosmetik nabati merupakan solusi praktis dan ekonomis.

Salah satu bahan alami yang dapat dijadikan sebagai kosmetik alami adalah bengkuang. Bengkoang merupakan buah yang identik dengan dunia kecantikan,karena hampir semua produk kecantikan menggunakan bengkuang sebagi salah satu bahan pendukung kosmetik tersebut. Bangkoang sendiri merupakan bagian dari umbi-umbian dan bengkoang ini termasuk dalam buah. Biasanya umbi ini digunakan sebagai asinan dan rujak. Tapi kali ini kita akan membahas mengenai bengkoang yang dijadikan dalam dunia kecantikan khususnya masker wajah alami.
Di negara kita, bengkoang adalah bahan nabati utama yang dijadikan sebagai bahan untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak lebih putih. Karenanya, cukup banyak kita jumpai produk-produk kosmetik yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya. Kandungan dari bengkoang yang dapat sangat berkhasiat untuk kulit adalah kandungan vitamin C, yang melimpah-ruah dalam bengkoang. Vitamin C adalah vitamin yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah, dan sekaligus membuat sel kulit lebih kuat terhadap kerusakan. Kulit yang cukup mendapatkan asupan vitamin C biasanya akan terlihat lebih kenyal dan segar. Untuk mendapatkan khasiatnya bagi kulit, biasanya bengkoang diolah terlebih dahulu untuk diambil patinya. Pati bengkoang ini kemudian diolah kembali dengan ditambahan sejumlah bahan lain untuk dijadikan produk lanjutan, seperti masker bengkoang dan lulur bengkuang.
Bengkuang merupakan sumber daya alam yang potensial di kota Padang. Akan tetapi pemanfaatan bingkuang selama ini hanya sebatas sebagai buah segar. Padahal bengkuang memiliki prospek pengembangan yang sangat luas, baik dalam bentuk makanan, minuman, kosmetika maupun souvenir. Oleh karena itu dilakukan pengolahan bengkuang yang bertujuan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia menjadi produk yang mempunyai nilai tambah yang tinggi.
Selain bengkuang, masih banyak bahan alami lainnya yang biasa dijadikan sebagai masker. Misalnya ada masker alpukat, beras, tomat, madu, pisang, pepaya dan lainnya. Bahkan yang belakangan populer adalah masker putih telur. Namun masker bengkuang tidak dapat digantikan sebab khasiatnya memang sudah tidak diragukan lagi. Dan tentu saja setiap bahan yang berbeda memiliki khasiat yang berbeda juga.
1.2 Rumusan Masalah
a.       Apakah bengkoang itu?
b.      Apa sajakah manfaat bengkoang untuk kecantikan?
c.       Bagaimanakah membuat masker bengkoang?
d.      Bagaimanakah membuat tabir surya dari bengkoang?
1.3 Tujuan
a.       Memahami manfaat bengkoang bagi kecantikan
b.      Memahami bagaimana mengolah bengkoang sebagi bahan kosmeti
c.       Memenuhi tugas kewirausahaan mengenai “roduk pengolahan kosmetik dari bahan nabati dan hewani”














BAB II
Pembahasan
1.1  Mengenal Bengkoang
Bengkoang atau Pachyrhizus erosus mungkin lebih dikenal dari umbi putihnya yang enak dimakan. Biasanya bengkoang ini pun temui sebagai salah satu dari komponen asinan atau rujak karena rasanya yang enak dan segar. Bengkoang ternyata tidak hanya enak dimakan lho, tetapi juga kaya manfaat untuk kesehatan khususnya kesehatan kulit. Sebagai buktinya bengkoang seringkali ditemui sebagai komposisi utama produk-produk kecantikan seperti sabun wajah, lulur mandi, masker, dan body lotion. Bengkoang memang sudah dikenal lama ampuh memutihkan dan mencerahkan kulit.
Bengkoang adalah salah satu dari jenis umbi namun memiliki rasa yang berbeda dari umbi yang lain. Bengkoang mengandung air yang cukup banyak yaitu sekitar 80-90% sehingga baik untuk membantu suplai cairan dalam tubuh. Karena kandungan cairannya yang tinggi inilah maka bengkoang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan anda yang sedang berdiet. Umbi yang mempunyai nama ilmiah Pachyrhizus erosus ini mempunyai rasa yang segar dan manis. Rasa manis yang ada dalam bengkoang ini berasal dari oligokasarida yang disebut inulin. Bengkoang dapat ditemukan di berbagai tempat, baik asia, eropa, amerika, maupun australia.

                Kandungan Zat Gizi Bengkuang per 100 gram
1.       Energi 55 kal
2.       Protein 1.4 gr
3.       Lemak 0.2 gr
4.       Karbohidrat 12.8 gr
5.       Kalsium 15 mg
6.       Fosfor 18 mg
7.       Vitamin A 0 SI
8.       Vitamin B1 0.04 mg
9.       Vitamin C 20 mg
10.   Besi 0.6 mg 
Bengkuang mudah mengalami kerusakan jika disimpan dalam keadaan segar. Melihat masih terbatasnya pemanfaatan bengkuang dan untuk meningkatkan umur simpannya, maka perlu alternatif variasi pengolahan umbi bengkuang menjadi suatu produk baru yang mempunyai nilai ekonomis. Produk baru ini diharapkan dapat menjadi buah tangan bagi wisatawan maupun masyarakat setempat. Alasan pemberian keterampilan dengan memanfaatkan umbi bengkuang adalah karena tanaman umbi ini banyak terdapat disekitar daerah ini dan belum mendapat perhatian besar dari penduduk setempat dan juga ketersediaan sumber daya yang ada serta nantinya dapat dijadikan modal berwirausaha, sehingga dapat menambah pendapatan.
1.2 Manfaat bengkuang untuk kecantikan
Sekarang ini, banyak perusahaan kosmetik yang menggunakan ekstrak bengkuang sebagai bahan dasar untuk membuat masker bengkuang. Namun, membuat masker bengkuang sendiri tentu lebih bagus karena tidak tercampur dengan bahan kimia dan tidak memiliki efek samping. Di Indonesia sendiri, masker bengkuang dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan puteri keraton. Jadi, sekarang ini masker bengkuang bisa didapatkan dengan mudah dan setiap orang bisa merasakan apa saja manfaat masker bengkuang.
1.       Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
Jerawat memang musuh besar bagi kecantikan, sudah sembuh pun jerawat masih menyisakan noda hitam yang mengganggu penampilan. Bengkuang mengandung pachyrizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C yang dapat membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat.
2.       Menyegarkan kulit wajah
Masker bengkuang memiliki efek mendinginkan kulit. Karena itu masker bengkuang sering disebut dengan bedak dingin. Fungsinya untuk kulit adalah membuat kulit menjadi lebih segar, sekaligus membuat wajah terlihat lebih rileks.
3.       Memutihkan kulit wajah
Masker alami yang terbuat dari bengkuang sudah sejak lama dipercaya dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Sebagai bukti, sekarang ini semakin banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utama produk pemutih wajah.
4.       Mencegah penuaan dini
Bengkuang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bengkuang berfungsi sebagai antiaging yang membuat kulit selalu tampak lebih muda. Selain itu, juga dapat mencegah kerutan dan keriput.
1.3 Cara membuat Masker Bengkuang
Membuat masker bengkuang sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja banyak yang malas karena berfikir membuat masker bengkuang sendiri ribet dan rumit. Memang membuat sendiri cukup rumit, tetapi membuat masker bengkuan sendiri hasilnya lebih baik dan tidak ada efek samping. Dalam pembuatannya, masker bengkuang bisa dicampur dengan bahan alami berkhasiat lainnya seperti madu murni, air mawar, dan tepung beras. Berikut ini merupakan cara untuk membuat masker bengkuang :
a.    Ambil bengkuang berukuran sedang, kupas kulitnya lalu cuci hingga bersih.
b.   Potong bengkuang menjadi dua bagian, lalu diparut hingga halus.
c.    Peras parutan bengkuang tersebut dan simpan air bengkuang di mangkok berwarna bening.
d.   Diamkan air perasan bengkuang tersebut selama satu jam sampai ada bagian putih yang mengendap seperti tepung.
e.   Pisahkan air perasan bengkuang dengan tepungnya yang berada di dasar wajah. Tepung ini lah yang akan dijadikan masker atau bedak dingin.
f.     Oleskan endapan tepung bengkuang tersebut pada wajah dengan menggunakan kuas masker.
g.    Biarkan atau diamkan selama beberapa menit sampai masker kering dengan sendirinya.
h.   Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Jangan menggosok wajah karena dapat menyebabkan iritasi wajah.

Masker bengkuang jika Anda gunakan secara rutin bisa membantu menghilangkan noda hitam pada wajah akibat jerawat karena Bengkoang mengandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C. Masker bengkuang terbukti dapat mencerahkan kulit. Selain efektif, penggunaan masker bengkuang untuk memutihkan wajah sangat alami dan tidak berbahaya.

1.4 Membuat tabir surya dari bengkoang
Bengkoang bisa juga Anda gunakan sebagai tabir surya alami. Menurut sebuah penelitian bengkoang memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, dan juga saponin yang sebenarnya merupakan tabir surya alami. Tabir surya bengkoang akan menjaga kulit Anda dari serangan radikal bebas yang seringkali bisa membuat kulit Anda rusak. Di dalam bengkoang juga terdapat zat fenolik yang ampuh menghambat pembentukan melanin. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, hormon, dan jerawat bisa diminimalisir menggunakan tabir surya alami dari bengkoang. Cara memutihkan dan mencerahkan kulit dengan bengkoang sebagai tabir surya ini sudah jelas aman karena menggunakan bahan alami. Lalu bagaimana cara mengolahnya menjadi tabir surya alami?
Untuk mengolah bengkoang menjadi tabir surya cukup mudah, yaitu dengan beberapa langkah berikut ini:
1. Kupas bengkoang lalu cuci hingga bersih.
2. Parut bengkoang tersebut dan pastikan Anda memarutnya sampai halus.
3. Gunakan ampas parutan bengkoang tanpa perlu diperas untuk tabir surya.
4. Tempelkan ampas bengkoang secara merata di permukaan wajah lalu diamkan hingga mengering.
5. Biasanya cukup 40 menit saja dan Anda boleh membilas wajah dengan air bersih.

Tips: Tabir surya dari bengkoang ini bisa Anda aplikasikan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Buktikan khasiatnya, kulit wajah Anda akan menjadi cerah, segar, bebas dari noda hitam dan Anda pun akan tampak lebih muda.












BAB III
Penutup
1.1  Kesimpulan

Salah satu cara merawat wajah dengan bahan dan cara-cara alami adalah dengan menggunakan bantuan masker bengkoang. Seperti yang kita ketahui bahwa masker bengkoang memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit wajah seseorang. Oleh karenanya merawat wajah dengan bahan ini bisa menjadi salah satu prioritas utama untuk kulit sehat dan cantik.
Masker bengkuang merupakan resep alami yang sudah turun temurun dipraktekkan untuk perawatan kecantikan terutama kulit wajah. Jauh sebelum ditemukannya lotion dan cream pemutih wajah. Masker wajah alami dari bengkuang sudah lebih dulu populer, terutama dikalangan wanita bangsawan.

1.2  Saran

Pengguanaan bahan nabati sebagai bahan untuk perawatan kecantikan adalah solusi yang sangat tepat. Karena selain aman digunakan, bahan alami lebih efektif dalam mengatasi masalah kecantikan. Dibanding dengan bahan kosmetik kemasan yang mengandung bahan kimia, walaupun efeknya dapat terasa lebih cepat, namun bahan kimia yang terkandung didalamnya dapat menyebabkan efek samping yang dalam jangka waktu lama dapat memperparah kerusakan kulit. Apalagi sekarang-sekarang ini banyak beredar kosmtik palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, bahan kosmetik alami juga lebih nyaman digunakan dan lebih terjangkau harganya dibanding kosmetik berbahan kimia.
Demikian makalah yang kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin di sampaikan, silahkan sampaikan kepada kami.



Komentar